Rabu, 13 April 2011

Welcome, Moon ;)

"Pantesaann..."

itulah kata yang biasanya terucapkan begitu saja waktu saya tau bahwa di hari itu, saat itu, saya lagi dapet. dapet? ya itu tuh waktu seorang wanita mendapat kunjungan sang bulan :P

Seperti hari ini.

Lagi-lagi kata itu muncul lagi, dan kali ini kebetulan saya menyadarinya dan mengingat-ngingat, ternyata sebelum-sebelumnya, saya juga mengucapkan kata yang sama atau kata yang lain tapi bermakna sama.

Bermakna sama...

Bahwa dalam beberapa hari sebelumnya, sebenarnya saya sudah menyadari tanda-tanda kedatangannya

1. Nafsu makan yang udah besar semakin besar saja (FYI: saat ini penulis sedang dalam proses menghabiskan 1 kotak cokelat dan ehemmm....penulis sedang tak berniat berbagi cokelatnya dengan siapapun) XD



2. Bagian-bagian tertentu di tubuh, juga semakin besar, hahaha, ya begitulah, klo bingung maksudnya bisa tanya simbah ;) Intinya saya merasa makin gemuk, ahh sebal...







3. Errr, yang pasti jadi lebih sensitif, gampang marah dan gampang cari alasan buat marah, misalnya: ketika pacar tercinta menyatakan bahwa ternyata sudah 3 hari muka saya cemberut terus, dan saya cuma bisa bilang "kayaknya aku mau dapet deh hunny" dan si hunny cuma manggut2 gitu, tapiiiiii eittttt bener kannnn? Intinya, sindrom pre menstruation ini ditunjukkan oleh labilnya si mood :)





4. Ini nih, yang baru2 saya tau juga, ternyata waktu badan kita lagi gag begitu sehat, syaraf sakit kita itu jadi lebih tajam, kurang lebih begitu, saya kurang tau bahasa ilmiahnya, informasi ini saya dapat dari seorang dokter. Contohnya ni, beberapa hari yang lalu, sebagai bagian dari rutinitas setiap 2 atau 3 minggu sekali, saya facial. Dan ohh noo, rasanya sakit banget, lebih sakit dari biasanya dan bekas facialnya jadi lebih merah juga. Badan juga terasa pegal, termasuk bagian kaki dan tangan, perut terasa kram.


Sejujurnya, menstruasi adalah saat-saat yang secara fisik dan psikis terasa kurang menyenangkan, di mana daya tahan tubuh wanita menjadi lebih lemah dari biasanya, dari sisi psikologis, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya wanita juga menjadi lebih sensitif dan labil. Bahkan saya pernah membaca artikel tentang hasil penelitian mengenai tingkat percobaan bunuh diri yang lebih tinggi pada wanita yang sedang mengalami sindrom pre menstruasi maupun pada saat menstruasi ini. Ini menunjukkan bahwa pada saat-saat tersebut, tingkat stress pun meningkat.

Meskipun begitu, sebagai wanita yang mengalaminya kita harus benar-benar bersyukur lho karena menstruasi menandai kemampuan wanita untuk hamil dan mempunyai keturunan, meskipun masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhinya ;)

Dismenorhea atau rasa nyeri pada saat menstruasi adalah hal yang wajar terjadi. Banyak tips untuk mengurangi rasa sakitnya. Tips2 ini bisa Anda googling sendiri. Tapi setau saya, mama pernah bilang biar waktu dapet gag sakit banyakin olahraga, tapi yang ringan2 aja, karena pada saat menstruasi daya tahan tubuh kita melemah.

Okay! Ini hanya sharing! Barangkali teman2 juga mau sharing seputar menstruasi ini atau tentang pengalaman2 dan tips2 mengatasi rasa sakit pada saat menstruasi ini.

Silakan2! ;)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar